Senin, 26 November 2012

Home Set Flanel

Bismillah..

Akhirnyaaaaa... setelah sekian lama disibukkan dengan produk baru Maharani, akhirnya ada juga sedikit waktu yang bisa 'dicuri' untuk menulis. 10 Home Set Flanel yang terdiri dari tutup kulkas, cover magic com, cover galon, cover tissue box, cover tudung saji, dan toples. Selain toples semuanya merupakan produk yang baru pertama kali Maharani buat, sehingga 90% saya harus terjun sendiri mengerjakannya.

Sebenarnya saya tipe orang yang tidak mudah diatur dalam berkarya, itu kenapa saya jarang sekali menerima order by request yang sangat mendetail, ehehehe.. Selain menguras tenaga yang amat sangat, karena harus berimajinasi ekstra keras untuk sebuah produk baru dan mengira-ngira pesan dari produk baru tersebut apakah akan sampai pada si pengordernya atau tidak. Harga barang yang diproduksi by request biasanya akan melebihi dari harga pada kesepakatan awal. Karena sesungguhnya berkarya itu tidak bisa dibatasi oleh nominal rupiah. Perfeksionis. Yup, sering sekali setelah order sudah setengah jadi   muncul ide-ide baru untuk menambahkan pernak-pernik ini-itu. Padahal limit harga kreasi itu tidak boleh lebih dari sepuluh ribu-misalnya, kalau ditambah-tambahin lagi artinya tambah material, waktu dan tentunya biaya. 'Kebanyakan ituuu', selalu ucap suami ketika saya mulai membabi buta dengan topping saat menghias toples/tisu box model baru. :)
Tapi beneran deh, kalau tidak ditambahin seperti ada yang kurang, kepikiraaann terus, kurang optimal.
That's why, produk baru dan pertama atas special request customer biasanya malah rugi :).
Biasanya saya akan menaikkan harga yang sesuai untuk order berikutnya, fix price.
Gakpapalah itung-itung promosi, lagipula kalau si customer tidak request produk itu mungkin saya tidak akan pernah bikin produk yang seperti itu :D
Tapi sungguh, produk by request benar-benar membutuhkan tenaga ekstra dan mood yang sangat tidak menentu datangnya. Jadi saya biasanya hanya menerima produk by request dalam jumlah yang banyak :D (Loh kok rumit malah pengen yag jumlahnya banyak??? iya.. biar sekalian capek dan mumetnya :D)



Home Set Flanel adalah produk terbaru dari Maharani Craft yang juga sebenarnya merupakan request dari customer. Awalnya sih ragu bisa nggak ya, karena semua berupa cover sehingga tidak nempel di barang yang dihias itu, muat gak ya nanti, bagus gak ya, banyak pertanyaan yang bikin perut mules.
Order cover barang apapun itu, sebelumnya adalah order yang paling saya hindari, karena takut gagal, tampak sangat rumit.

Tapi berhubung ordernya banyak, ya sudah Bismillah saya sanggupi, dengan syarat biarkan saya berkreasi, jadi customer boleh request temanya apa tapi untuk detailnya tetap hasil imajinasi saya.
Kadang ada customer yang datang dengan membawa gambar hasil karya crafter lain, tetapi yang perlu diperjelas adalah saya bukanlah seorang pedagang yang semata-mata menakar segala sesuatu dari uang, jiplak sana-sini yang penting saya dapat uang. Saya seorang crafter, saya sangat menghargai hasil karya teman-teman crafter yang lain. Maharani Craft tidak menerima order toples/kotak tisu dan aplikasi-aplikasi besar lainnya yang letak topping dan detailnya persis dengan kreasi crafter lain.

Terinspirasi boleh, tapi plagiat is a big no no. Ingat kata-kata suami, ATM : Amati Tiru Modifikasi. Jadilah trendsetter, bukan sekedar follower. Kalaupun jadi follower jadilah follower yang cerdas :)

Kembali ke lap-top,
Saya yang semula ragu dan gak yakin apakah bisa mengerjakan semua orderan yang menurut saya cukup rumit itu, seiring jalannya pengerjaan Alhamdulillah diberi banyak kemudahan. Subhanallah, the power of kepepet itu benar-benar berlaku buat saya saat itu. Ide-ide mulai berseliweran di pikiran. Tidur larut malam. Ketika Najwa terbangun dari tidur malamnya saya angkat dan kelonin dia di karpet dekat tempat saya menjahit. 'Ini perjuangan Dek, SEMANGATT', bisik saya dalam hati.


Alhamdulillah Allah memberi saya banyak kemudahan, meskipun butuh tambahan waktu 1 minggu lagi, satu-persatu akhirnya selesai juga :)





Suami sedang proses packing :)


Dan ini dia produknya, butuh kurang lebih 3 minggu untuk menyelesaikan 10 Home Set Flanel ini :

Edisi BlackForest 

Edisi Burger

Edisi Natal

Edisi Fruity

Edisi Hello Kitty

Edis Rainbow

Edisi Biscuit

Edisi Snack





Alhamdulillah, mudah-mudahan customer puasss... :)
Minat?? Inbox fb aja ya untuk fast respon :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar